Penataan Ruang Kerja Secara Feng Shui

Minggu, 22 Desember 2002





Pada artikel beberapa waktu yang lalu, telah dijabarkan bahwa Rumah Tinggal perlu diperhatikan penataan secara Feng Shui supaya baik, karena manusia berada di Rumah Tinggal tersebut selama delapan jam sehari minimal untuk tidur, karena itu secara spesifik perlu diperhatikan penataan Ruang Tidur.

Pada era modern sekarang ini, aktivitas manusia juga banyak terjadi di kantor. Pada umumnya kebijakan perusahaan mengatur para karyawannya bekerja selama 6-8 jam. Pada saat seseorang bekerja, maka orang tersebut harus mengeluarkan tenaga atau energi. Maka ruang kerja pun sebaiknya ditata secara feng shui, sehingga manusia yang menggunakan ruang tersebut menjadi seimbang energinya.

Bila energi seseorang seimbang–dalam arti tidak lebih dan tidak kurang atau tidak terlalu kuat atau terlalu lemah—maka orang tersebut membuahkan hasil yang maksimal. Bila hasil kerja maksimal maka hasilnya dapat mendatangkan rezeki atau kemakmuran.

Bagaimanakah ruang kerja yang baik secara feng shui? Bagaimana pengaturan perabot yang baik?


Pengaturan Meja dan Kursi Kerja Terhadap Bukaan Jendela
Sebaiknya posisi duduk seseorang tidak memberlakangi jendela ruang kerja. Mengapa? Karena bila seseorang duduk dan pada bidang bagian belakang terdapat jendela, maka energi manusia yang beraktivitas tersebut akan terkuras (membuat seseorang mengeluarkan tenaga atau energi ekstra). Akhirnya bila seseorang energinya lemah maka dapat mengakibatkan energinya terkuras dan pada akhirnya sakit. Karena sakit, maka pekerjaan serta karier akan sedikit terhambat.


Bila kondisi ruang tidak memungkinkan perubahan karena keterbatasan ruang, maka solusinya pada saat bekerja, jendela harus ditutup dengan bidang yang masif (tertutup rapat). Misalnya dengan menghadirkan tirai yang tebal. Kalau memungkinkan, geser posisi kursi sehingga tidak tepat berada di depan jendela.


Pengaturan Meja dan Kursi Kerja terhadap Pintu
Pengaturan meja kerja dan kursi kerja terhadap pintu juga penting diperhatikan supaya tidak terkena energi negatif yang dapat mengganggu aktivitas kerja. Hindari posisi meja kerja dan kursi kerja langsung lurus di depan pintu.

No comments:

Post a Comment