Kamar Mandi di Atas Ruang

Minggu, 29 Desember 2002




Beberapa saat yang lalu saya membaca dari sebuah buku Feng Shui, entah buku apa saya lupa. Dalam buku tersebut dikatakan bahwa bila di atas ruang tamu terdapat kamar mandi, maka kariernya akan turun mendadak.

Baru-baru ini saya memperhatikan rumah saya dengan lebih teliti lagi, ternyata setelah saya lihat seksama, kamar mandi atas saya terletak di atas ruang makan. Apakah ada pengaruhnya? Tolong dijelaskan, mengapa pengaruh itu terjadi, karena kami sekeluarga merasa takut, dan bagaimana mengatasinya?


Victor
Jelambar, Jakarta Barat



Pada bangunan rumah bertingkat peletakkan kamar mandi/WC memang menjadi masalah bangunan secara desain, struktur dan feng shui. Di mana permasalahannya?

Mari kita lihat masing-masing aspek secara teliti dan seksama. Secara desain, keberadaan kamar mandi (KM) akan kurang dapat menambah nilai estetik dari bangunan karena KM sifatnya adalah area servis tapi sering dipergunakan. Desain KM hanya bisa diolah secara interior penataan ruang dalamnya saja (dengan keramik dan perabot lainnya), sedangkan secara bangunan keberadaan KM harus mendapat udara bebas supaya tidak lembab, akibatnya jika KM terletak di bagian depan rumah ada lubang hawa yang terlihat sehingga membuat tampak bangunan kurang artistik.

Secara struktur KM/WC ini adalah ruang yang perlu diperhatikan strukturnya karena rawan dengan keberadaan pipa-pipa buangan air bersih, kotoran, air kotor. Perletakkan KM/WC di lantai dua haruslah benar secara struktur saluran buangan. Karena bila pipa tersebut bocor, maka akan mengakibatkan ruang di bawahnya terganggu kondisinya.

Secara feng shui keberadaan KM/WC akan menghasilkan energi buruk dan kotor bagi penghuninya, karena itu sebaiknya KM dan WC tidak diletakkan di area yang sering digunakan penghuni untuk beraktivitas atau ruang yang butuh energi bersih bagi Penghuni. Keberadaan KM/WC di lantai dua sebaiknya di bawah KM/WC tersebut adalah ruang yang sifatnya juga menghasilnya energi kotor atau tidak butuh energi bersih.

KM/WC di lantai dua tidak boleh terletak di atas ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur, ruang doa, dan juga tidak boleh terletak di atas kompor dapur. Mengapa secara feng shui KM/WC akan menghasilkan energi kotor, sedangkan ruang seperti ruang tamu, ruang makan, ruang tidur, ruang doa, adalah ruang yang butuh energi bersih.

Bila ruang yang seharusnya diisi oleh energi bersih tapi yang ada adalah energi kotor, maka penghuninya akan mendapatkan energi kotor bila sering berada di ruang tersebut. Dampak selanjutnya bila energi tubuh penghuni tersebut lemah, terkena energi kotor akan sakit dan tidak bisa beraktivitas maksimal, akhirnya kemakmuran dari hasil kerja juga tidak maksimal.

Dampak lain yang mungkin terjadi adalah suasana keluarga yang akan menjadi kotor dan kacau, penuh dengan masalah dan akhirnya tidak dapat beraktivitas/bekerja baik sehingga hasil kerja juga kurang baik.

Bila KM terletak di atas kompor (sumber energi bersih dari Keluarga) maka hasilnya seperti halnya ruang di atas. Tubuh  penghuni rumah akan dipenuhi energi kotor, sehingga penghuni tidak dapat beraktivitas maksimal dan kemakmuran terhambat.

Saran bila kondisi tersebut terjadi, maka sebaiknya WC dipindahkan lokasinya supaya tidak terletak di atas ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur, ruang doa, dan juga tidak boleh terletas di atas kompor dapur. Atau sebaliknya ruang di bawah WC berubah fungsi menjadi ruang yang tidak sering digunakan.

Bila semua kondisi tidak memungkinkan perubahaan ruang, maka sebaiknya ruang di bawah WC jangan digunakan, atau saluran pembuangan WC (air bersih, air kotor, dan kotoran) diperhatikan dalam kondisi baik dan tidak bocor, dan susah perbaiki apabila rusak.

1 comment:

  1. boleh juga nih idenya,
    terimakasih sekali sangat bermanfaat bagi saya yang sedang mencoba membuat desain rumah sendiri untuk keluarga

    Halra

    ReplyDelete